Jajaran Lapas Kupang Ikuti Pelatihan Bersama UNODC

Posted by: Administrator | 22/10/2021 | Kategori: Keamanan | 296 kali dibaca | Rating: 113

Kupang, INFO_PAS – Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang siap menerapkan prinsip keamanan dan keselamatan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Kepala Lapas (Kalapas) Kupang, Badarudin, usai mengikuti pembekalan bersama United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) secara virtual, Rabu (13/10).

“Terima kasih kepada rekan-rekan UNODC karena telah memilih Lapas Kupang dalam kegiatan ini dan ilmu yang telah dibagikan kepada  kami. Pada prinsipnya kami siap menerapkannya dalam tugas dan tanggung jawab kami sehari-hari,” janji Badarudin.

Lebih lanjut, Kalapas mengatakan dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pemasyarakatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kupang telah mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. “Kami menerapkan pengamanan dinamis dan prosedural terhadap WBP sehingga nilai-nilai kemanusiaan sangat kami junjung, seperti telah tersedianya kamar khusus lanjut usia, kamar khusus tanpa asap rokok, identifikasi dan pemisahan WBP risiko tinggi, serta pemenuhan hak tanpa diskriminasi,” tambahnya.

Badarudin berharap kegiatan ini terus dilakukan dan ditingkatkan sehingga petugas Lapas Kupang lebih berkualitas dan profesional dalam melakukan pengamanan dan pembinaan terhadap WBP. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan agar petugas lebih berkualitas serta mampu menjalankan tugas dengan baik dan profesional dalam menjawab tuntutan tugas ke depan,” harapnya.

Sementara itu, Sulaiman Sujono selaku staf di UNODC sangat mengapresiasi antusiasme jajaran Lapas Kupang dalam keaktifan dan keseriusan mengikuti kegiatan tersebut. “Tugas dan tanggung jawab Lapas tidaklah mudah. Semoga apa yang diperoleh dapat diimplementasikan dalam tugas dan fungsi sehari-hari,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini melibatkan jajaran struktural dan petugas Lapas Kupang serta Wali Pemasyarakatan narapidana teroris untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan WBP tindak pidana terorisme dan pencegahan radikalisasi menuju kekerasan. Pemateri dalam pelatihan ini Indah Pangestu Amaritasari, Sholehuddin, Muhammad Dwi Sarwono, Dasep Rana Budi, Atiek Melkhurniawati, dan Antonia Mayaningtias selaku host dari UNODC.

 

Kontributor: Maurez Julianto Padji Ratu

 

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Lapas Kupang Kampanyekan Zero Gratifikasi di Pasar Oesao

by: Administrator | 30 September 2021

Seluruh Petugas Lapas Kupang Terbebas dari Narkoba

by: Administrator | 07 January 2021

POST TERBARU

Pertimbangkan Hak WBP TPP Lapas Kupang Gelar Sidang

by: Administrator | 17 February 2022