Bengkel Kerja Produktif Lapas Kupang Menjadi Bekal Bagi WBP

Posted by: Administrator | 24/03/2021 | Kategori: Pembinaan | 294 kali dibaca | Rating: 150

Kupang, INFO_PAS Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang memberdayakan Bakat dan Keahlian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam kegiatan Pembinaan Kemandirian sebagai bekal bagi WBP pada saat berkumpul kembali dengan masyarakat, Jumat (5/3)

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kupang, Badarudin menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan kemandirian berupa bengkel kerja produktif di Lapas Kupang dilakukan untuk membekali para WBP sehingga dapat berguna bagi WBP serta menjadi bekal ketika telah selesai menjalani masa pidana dan berkumpul kembali ditengah tengah masyarakat, Kegiatan pembinaan ini memiliki dampak postif bagi WBP itu sendiri, karena mereka dibekali dengan keterampilan yang nantinya akan sangat berguna bagi mereka dan keluarganya baik saat ini maupun dikemudian hari ketika sudah bebas ujar Kalapas Badarudin.

Lebih lanjut Kalapas menjelaskan bahwa kegiatan bengkel kerja produktif dapat terlaksana berkat assessment yang dilakukan oleh petugas Lapas Kupang, yang dimulai sejak awal masuk ke Lapas untuk mengetahui bakat dan keahlian dan potensi yang miliki oleh para WBP sehingga dalam pengembangannya menyesuaikan dengan bakat dan keahlian tersebut. Jenis Kegiatan yang dikembangkan dalam Bengkel Kerja produktif di Lapas kelas IIA Kupang berupa kegiatan pengelasan, pengecetan, meubeler, pertanian dan perekebunan, serta pembuatan batako pada saat pertama kali masuk, para WBP tersebut diassessment, petugas menggali apa bakat, keahlian dan potensi yang dimiliki Jelas Kalapas.

Khusus untuk meubeler, Lapas Kupang dapat menghasilkan produk seperti Kursi dan Meja tamu, Meja Makan, Tempat tidur, Lemari. Saat ini Lapas Kelas IIA Kupang memenfaatkan Media Sosial untuk mempromosikan hasil kerja tersebut Harapan kami, semoga semakin banyak pesanan yang datang, sehingga dapat bermanfaat bagi WBP tersebut juga dapat menambah PNBP Tambah beliau.

Kalapas juga mengatakan bahwa dalam pengembangan bakat tersebut pihaknya mendatangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk membimbing para WBP menjadi lebih professional sehingga memperoleh hasil yang maksimal. "Supaya memperoleh hasil yang maksimal kami melibatkan BLK Provinsi NTT" Pungkas Kalapas.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Lapas Kupang Kampanyekan Zero Gratifikasi di Pasar Oesao

by: Administrator | 30 September 2021

Seluruh Petugas Lapas Kupang Terbebas dari Narkoba

by: Administrator | 07 January 2021

POST TERBARU

Pertimbangkan Hak WBP TPP Lapas Kupang Gelar Sidang

by: Administrator | 17 February 2022