Cegah HIV AIDS Lapas Kupang Gelar VCT dan Sosialisasi

Posted by: Administrator | 21/04/2021 | Kategori: Pembinaan | 322 kali dibaca | Rating: 139

Kupang, INFO_PAS – Klinik Pratama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang melakukan Voluntary Counselling and Testing (VCT) serta sosialisasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang baru masuk, Selasa (20/4). Penanggung jawab Klinik Pratama Lapas Kupang, dr. Fika Silvia, menjelaskan VCT adalah kegiatan konseling dan tes HIV sebagai langkah awal dan deteksi dini terhadap pencegahan dan penularan HIV/AIDS sehingga WBP yang baru masuk dapat ditangani dengan cepat dan tepat sasaran.

“VCT ini dilakukan untuk mengetahui status HIV sebagai screening dan deteksi dini kepada WBP agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat,” jelas dr. Fika.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sosialisasi dan konseling tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada WBP terhadap bahaya HIV/AIDS serta mengetahui faktor risiko dan menghindari perilaku berisiko HIV di Lapas Kupang. “Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan WBP akan HIV/AIDS sehingga mereka dapat menghindari perilaku berisiko terhadap HIV/AIDS,” tambah dr. Fika.

Sosialisasi tersebut diikuti 64 WBP Lapas Kupang dan dibawakan langsung oleh dr. Fika. Selain Sosialisasi, WBP juga diperiksa dan diberikan kesempatan untuk melakukan konseling terkait HIV/AIDS oleh para petugas kesehatan Klinik Pratama Lapas Kupang.

“Mereka merupakan WBP yang baru masuk. Kami lakukan tes, konseling, serta sosialisasi untuk mengetahui dan mencegah penularan yang lebih berisiko. Harapan kami para WBP selalu sehat dan tidak mendapat penularan di dalam Lapas,” harap dr. Fika. (mz)

 

Sumber : www.ditjenpas.go.id

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Lapas Kupang Kampanyekan Zero Gratifikasi di Pasar Oesao

by: Administrator | 30 September 2021

Seluruh Petugas Lapas Kupang Terbebas dari Narkoba

by: Administrator | 07 January 2021

POST TERBARU

Pertimbangkan Hak WBP TPP Lapas Kupang Gelar Sidang

by: Administrator | 17 February 2022