Lapas Kupang Sambangi Dinkes Bahas Kerja Sama Pengendalian TB

Posted by: Administrator | 10/08/2021 | Kategori: Pembinaan | 298 kali dibaca | Rating: 160

KUPANG, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang melakukan penjajakan dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Jumat (25/6). Dalam pertemuan kali ini, dibahas terkait kerja sama antara Lapas dengan Dinkes tentang penanganan penyakit menular Tuberkulosis (TB) terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

 

Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, Maxi Arion Adu, bersama Tim Kesehatan Klinik Pratama Lapas Kupang turun langsung dalam penjajakan ini. “Kami bermaksud melakukan penjajakan untuk membahas rencana kerja sama antara Lapas Dinkes Kota Kupang dalam penanganan TB WBP,” terang Maxi.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan WBP merupakan salah satu kelompok rentan dan berisiko tinggi terhadap penularan TB. Hal ini menjadi landasan Lapas Kupang dalam memberikan penanganan yang komprehensif kepada WBP yang dilakukan antara Lapas dan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinkes Kota Kupang.

 

“WBP merupakan kelompok rentan  terhadap TB sehingga perlu perhatian serius dari pemerintah daerah untuk bersama melakukan pencegahan dan penanganan TB di Lapas secara optimal,” lanjut Maxi.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Kupang, Ni Luh Putu Yuni Parwati, menyambut baik kedatangan Lapas Kupang. Pihaknya bersedia melakukan kerja sama untuk mengendalikan dan mencegah penularan TB di Lapas Kupang.

 

“Kami bersedia melakukan kerja sama dengan Lapas Kupang. Semoga dengan adanya kerja sama ini, penanganan TB di Lapas Kupang dapat berjalan maksimal dan WBP juga memiliki akses dan perlakuan yang sama dalam pemenuhan kesehatan,” ucap Yuni.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Lapas Kupang Kampanyekan Zero Gratifikasi di Pasar Oesao

by: Administrator | 30 September 2021

Seluruh Petugas Lapas Kupang Terbebas dari Narkoba

by: Administrator | 07 January 2021

POST TERBARU

Pertimbangkan Hak WBP TPP Lapas Kupang Gelar Sidang

by: Administrator | 17 February 2022